Berapa banyak air yang harus anda minum setiap hari? Benarkah dengan minum air dapat mengurangi berat badan anda?

Mungkin anda pernah mendengar sebelumnya: Minumlah 8 gelas air sehari untuk membuat tubuh tetap sehat. Namun nyatanya kebutuhan cairan untuk setiap orang berbeda – beda, tergantung oleh aktivitas, berat badan, usia , penyakit atau kondisi tubuh dan iklim. Sebagai contoh, Orang yang sedang hamil atau pun yang sedang menyusui membutuhkan air lebih dari orang lain, orang yang berolahraga juga seperti itu.

Tubuh manusia mengandung air sekitar dua pertiga atau 60 % dari berat tubuh. Manusia membutuhkan air hampir untuk semua fungsi di dalam tubuh, mulai dari mencerna makanan sampai dengan mengeluarkan Toxinyang ada di dalam tubuh. Kekurangan air atau cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya, begitu juga dengan kelebihan cairan atau air juga dapat berbahaya bagi diri kita seperti yang kejadian yang di alami oleh Jennifer Strangepada tahun 2007.

Jadi berapa banyak air yang kita butuhkan?

Setiap hari kita kehilangan cairan dari dalam tubuh melalui bernafas, berkeringat, buang air kecil dan besar. Oleh sebab itu agar tubuh kita tetap berfungsi dengan baik, kita harus mengganti cairan yang hilang dari dalam tubuh kita tersebut dengan cara mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung air.

Berapa banyak cairan yang di butuhkan rata-rata untuk orang dewasa sehat? The Institute of Medicine menyarankan jumlah air yang harus di konsumsi untuk pria adalah kira kira berkisar 3 liter per hari, dan untuk wanita adalah 2.2 liter per hari. Berbeda dengan The Institute of Medicine, The European Food Safety Authority menyarankan untuk mengonsumsi air bagi pria adalah 2 liter dan untuk wanita 1.6 liter per hari.

Jumlah yang disarankan untuk konsumsi tersebut bukan hanya di hitung berapa banyak air yang anda minum. Apa yang anda makan juga menyumbang cairan yang di butuhkan oleh tubuh anda. Rata-rata, makanan menyumbang 20 persen air yang di butuhkan. Sebagai contoh, banyak dari buah-buahan dan sayuran seperti semangka dan bayam, mengandung lebih dari 90 persen air.

Sebagai tambahan, minuman seperti susu, juice, kopi, teh dan soda juga menyumbang kebutuhan cairan atau air yang di butuhkan oleh tubuh anda. Tapi, minuman seperti ini sebaiknya tidak di jadikan sebagai bagian besar dari cairan yang di butuhkan tubuh anda setiap hari. Air Mineral atau Air putih tetap yang terbaik buat anda, karena Air mineral atau Air putih bebas kalori, murah, dan selalu tersedia. Dengan minum air mineral atau air putih juga dapat membantu mengurangi berat badan anda, benarkah?

Minum air menyukseskan diet anda?

Sudah banyak tulisan yang membahas dengan minum air mineral atau air putih lebih banyak, dapat membantu anda mengurangi berat badan anda. Berbagai studi menyatakan dengan mengonsumsi air putih yang banyak dapat menaikkan jumlah kalori yang di bakar setiap hari, dengan begitu dapat membantu anda mengurangi berat badan anda. Salah satu penelitian di Inggris mengungkapkan dengan minum air putih dua gelas sebelum makan dapat menurunkan berat badan.

Dengan berbagai bukti dari penelitian yang sudah di lakukan, sudah terbukti bahwa air putih dapat membantu menyukseskan diet anda. Ini sebenarnya dengan mudah dapat kita pahami, bahwa dengan lebih memilih air putih dibandingkan dengan minuman lain seperti teh, kopi, atau minuman kaleng yang sering kita konsumsi tentu air putih jauh lebih baik. Minuman tersebut sering kali sudah di campur dengan gula yang banyak dimanakonsumsi gula yang berlebihan dapat mengakibatkan berat badan anda naik. Jadi sebaiknya pilihlah air mineral atau air putih dan makanan sehat lainnya seperti buah dan sayuran untuk cairan yang di butuhkan oleh tubuh anda setiap harinya. Jika anda merasa khawatir tentang cairan yang anda butuhkan atau anda mempunyai masalah kesehatan, sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter anda di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru.